2 Tawarikh
Doa Raja Sulaiman Mohon Hikmat
1
1 Sulaiman bin Daud memperkuat kedudukannya dalam kerajaannya, dan Allah, Tuhannya, menyertai dia serta membuatnya luar biasa besar.
2 Sulaiman berbicara kepada seluruh Israil—kepada para pemimpin pasukan seribu dan pasukan seratus, kepada para hakim, serta kepada semua pemimpin di seluruh Israil, yaitu para kepala kaum keluarga— 3 lalu bersama seluruh jemaah itu Sulaiman berangkat ke bukit pengurbanan di Gibeon karena di sana ada Kemah Hadirat Allah yang dibuat Musa, hamba Allah itu, di padang belantara. 4 *Tabut perjanjian Allah memang telah diangkut oleh Daud dari Kiryat-Yearim ke tempat yang disiapkan Daud untuk itu karena ia telah membentangkan kemah untuk tabut itu di Yerusalem. 5 *Namun, mazbah atau tempat pembakaran kurban dari tembaga yang dibuat Bezaleel bin Uri bin Hur masih ada di sana, di depan Kemah Suci Allah. Maka, ke sanalah Sulaiman dan jemaah itu pergi mencari petunjuk Allah. 6 Di sana, di hadirat Allah, Sulaiman mempersembahkan seribu kurban bakaran di atas mazbah tembaga yang ada di depan Kemah Hadirat Allah itu.
7 Pada malam itu Allah menampakkan diri kepada Sulaiman dan berfirman, “Mintalah apa yang kauingin Kukaruniakan kepadamu.”
8 Kata Sulaiman kepada Allah, “Engkau telah menunjukkan kasih yang besar kepada Daud, ayahku, dan Engkau telah mengangkat aku menjadi raja menggantikan dia. 9 *Sekarang, ya Allah, Al-Khalik, kiranya janji-Mu kepada Daud, ayahku, diteguhkan karena Engkau telah mengangkat aku menjadi raja atas umat yang seperti debu tanah banyaknya. 10 Berilah sekarang kepadaku hikmat dan pengetahuan supaya aku dapat menangani ini dan itu sebagai pemimpin umat ini, karena siapakah yang dapat memerintah umat-Mu yang besar ini?”
11 Firman Allah kepada Sulaiman, “Karena engkau menghendaki hal itu, dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan, nyawa orang yang membencimu, atau umur panjang, melainkan meminta hikmat dan pengetahuan supaya dapat memerintah umat-Ku yang atasnya engkau telah Kuangkat menjadi raja, 12 maka hikmat dan pengetahuan itu dikaruniakan kepadamu. Selain itu, Kukaruniakan juga kepadamu kekayaan, harta benda, dan kemuliaan yang belum pernah dimiliki raja mana pun sebelum engkau dan tidak akan dimiliki seorang pun sesudah engkau.”
13 Kemudian, dari Gibeon itu, yaitu dari hadapan Kemah Hadirat Allah di bukit pengurbanan, Sulaiman pulang ke Yerusalem, dan ia pun bertakhta atas Israil.
Harta Kekayaan Raja Sulaiman
14 *Sulaiman mengumpulkan kereta dan pasukan berkuda. Ia mempunyai seribu empat ratus kereta dan dua belas ribu orang pasukan berkuda yang ditempatkannya di kota-kota kereta dan juga di Yerusalem bersama raja. 15 *Raja membuat perak dan emas di Yerusalem sama seperti batu karena banyaknya, dan pohon aras seperti pohon ara yang ada di Dataran Rendah karena limpahnya. 16 Kuda untuk Sulaiman didatangkan dari Mesir dan dari Kewe. Saudagar-saudagar raja membelinya dari Kewe dengan harga pasar. 17 Sebuah kereta yang didatangkan dari Mesir harganya enam ratus syikala perak, sedangkan seekor kuda harganya seratus lima puluh syikal. Kemudian, dengan perantaraan mereka semua itu dijual lagi kepada semua raja Het dan kepada raja-raja Aram.