Daniel
RIWAYAT NABI DANIEL DAN TEMAN-TEMANNYA
Empat Pemuda Bani Yuda di Istana Babel
1
1 *Pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim raja Yuda, Nebukadnezar raja Babel mendatangi Yerusalem dan mengepung kota itu. 2 *Lalu, Tuhan menyerahkan Yoyakim raja Yuda ke dalam tangan Nebukadnezar beserta sebagian dari perlengkapan-perlengkapan Bait Allah. Semua itu dibawa oleh Nebukadnezar ke Tanah Sinear, ke kuil dewanya; perlengkapan-perlengkapan Bait Allah dimasukkannya ke dalam tempat perbendaharaan dewanya.
3 Kemudian, raja menyuruh Aspenas, kepala pegawai istananya, untuk menghadapkan beberapa orang bani Israil yang berasal dari keturunan raja serta para bangsawan, 4 yaitu orang-orang muda yang sama sekali tidak ada cacatnya, bagus perawakannya, memahami segala hikmat, berpengetahuan luas, mengerti ilmu, serta cakap untuk mengabdi dalam istana raja. Mereka harus diajari tulisan dan bahasa orang Kasdim. 5 Setiap hari raja menentukan bagi mereka jatah dari santapan raja dan dari anggur yang diminumnya. Mereka harus dididik tiga tahun lamanya, dan setelah itu mereka harus mengabdi pada raja.
6 Di antara mereka ada beberapa orang bani Yuda, yaitu Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya. 7 Lalu, mereka diberi nama baru oleh pemimpin pegawai istana. Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh, dan Azarya dinamainya Abednego.
8 Daniel membulatkan hati untuk tidak menajiskan diri dengan santapan raja atau dengan anggur yang diminum raja. Sebab itu, ia meminta kepada pemimpin pegawai istana supaya diizinkan untuk tidak menajiskan diri. 9 Maka, Allah membuat Daniel mendapat kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu. 10 Namun, pemimpin pegawai istana berkata kepada Daniel, “Aku takut kepada tuanku raja yang telah menentukan makanan dan minuman bagi kamu. Kalau baginda melihat penampilanmu lebih buruk daripada orang-orang muda yang sebaya dengan kamu, maka kamu membahayakan aku di depan raja!”
11 Kemudian, Daniel berkata kepada penjaga yang telah ditentukan oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya, 12 “Ujilah hamba-hambamu ini selama sepuluh hari. Berilah kami sayur dan air saja untuk dimakan dan diminum. 13 Kemudian, silakan Tuan bandingkan perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan santapan raja, dan perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pengamatan Tuan.” 14 Ia mendengarkan permintaan mereka dan menguji mereka selama sepuluh hari.
15 Setelah sepuluh hari berakhir, tampak perawakan mereka lebih baik dan tubuh mereka lebih gemuk daripada semua orang muda yang makan santapan raja. 16 Jadi, penjaga itu mengambil santapan mereka, juga anggur yang harus mereka minum, lalu memberi mereka sayur.
17 Kepada keempat orang muda itu Allah mengaruniakan pengetahuan serta kepandaian mengenai berbagai tulisan dan hikmat sementara Daniel sendiri dapat memahami berbagai penglihatan dan mimpi.
18 Setelah waktu yang ditetapkan raja bagi orang-orang muda itu berakhir, pemimpin pegawai istana menghadapkan mereka kepada Nebukadnezar. 19 Raja berbincang-bincang dengan mereka, dan ternyata di antara mereka semua tidak didapati orang seperti Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya. Maka, keempat pemuda itu pun mengabdi pada raja. 20 Dalam segala hal, berkenaan dengan hikmat dan pengertian yang ditanyakan raja kepada mereka, raja mendapati bahwa mereka sepuluh kali lebih cakap daripada semua ahli ilmu gaib dan ahli mantera di seluruh kerajaannya.
21 Daniel tinggal di sana sampai tahun pertama zaman Raja Kores.